Tutorial Flutter: Aplikasi sederhana Pencatatan Uang Keluar dan Masuk Sehari-hari

Oleh: Admin - Sat, 28 March, 2020

Expense Daily App

Hallooo gaess, assalamualaikum..

Gimana kabar kalean gaes hahahaaa alay beud dah ya tulisan gw nih. Lama kagak nulis, sekalinya nulis bahasa anak milenial keluar semua :D. Semoga kalian semua dalam perlindungan Allah SWT dan senantiasa sehat yaa sob, saat nulis ini Virus Corona sedang mewabah nih sob. Ya kalian tau lah ya Virus Corona tuh, banyak ulasan di media tentang Virus yang satu ini. Makanya disini gw gak akan nulis tentang Covid 19 ini.

Oke kita sekip bahasan tentang Covid 19 tadi, yang penting kalian semua jaga kesehatan, makan teratur, LDR-an, ehh maap ada yang jomblo juga ya, jadi gabisa LDR-an deh hahahaaa :D. Kali ini gw mau nulis sedikit tentang Frameworks Flutter, dengan framework ini kita bisa buat aplikasi Android. Nah apaitu Flutter, kalian browsing sendiri aja lah ya :p . Males nulisnya, wong di halaman resmi si Flutter juga udah ada kok infonya hahaaaa pemalas.

Singkatnya gini sob kenapa alasan gw untuk membuat aplikasi dengan Flutter ini, yaaaa karena gw blom bisa Java Native hahahaaaa. Ehhh emang si Flutter ini ga seribet Java Native dah pokoknya, dan ga kalah seru juga kek React Native sob. Pokoknya kalian cobain aja dah sendiri.

Buat kalian yang berlimpahan quota internet bisa dah tuh diliat penampakan nya pas udah jadi.
Kalian bisa liat disini nih sob.

FLUTTER APPS DAILY EXPENSE LIST

Konsep aplikasinya sih ter-amat sederhana lah sob, yaa namanya juga masih nubi lah aku ini. Jadi aplikasi ini tidak memerlukan koneksi internet untuk bisa digunakan, yupp semua data yang diinputkan disimpan di sqlite pada hengpon klean :p . Nah untuk struktur tabelnya sendiri gapake ribet dah sumpah hahahaaa.

    CREATE TABLE expense(id INTEGER PRIMARY KEY AUTOINCREMENT, type TEXT, title TEXT, content TEXT, price DOUBLE, date TEXT)

Galeri screenshot aplikasi

Home page
Calendar page
Input page
Input page
Select date
Save success
Calendar with list
Swipe right for edit
Swipe left for delete
Delete confirmation
Setting page
Clear storage dialog

Buat yang mau nyobain aplikasinya bisa download disini.

Buat yang mau ngembangin lagi bisa juga clone reponya

Aplikasi mungkin masih banyak bug-nya, ditunggu kritik dan saran kalian sob. Yaaa siapa tau aja kan bisa dikembangkan jadi lebih WAH lagi hahahhaahaaa.

Oke, sampai sini dulu tulisannya. Jaga selalu kesehatan dan wassalam.