Git Tutorial: Menambahkan lokal Repo ke remote server

Oleh: Admin - Mon, 24 September, 2018

Versioning Control System, mengenal Git (GitHub / GitLab)

Ohaiyou, mina. hahahaha akibat anime nih, abisnya denger seiyu nya ngomong itu rasanya gimana gitu yaa. Imut-imut gitu suaranya, ehh yang gw maksud itu seiyu cewek yaa :p. Btw sob, kalian pada suka nonton anime juga kan?? anime apa nih rekomendasi kalian. Ada satu anime yang terus-terusan gw tonton gak bosen-bosen, ya kalo kalian udah pernah nonton gw yakin kalian pasti suka juga nih. Yup, oregairu. Dari alur cerita -nya seru sob, bisa kalian cek dah sono.

Lohh kok anime yang dibahas hahahaa. Oh iya nih, kalian udah pada tau Git kan?? Pertanyaannya sih harusnya kalian make Git n'ga buat develop. Nah sekarang nih gw jg baru mau nerapin make Git nih, jadi lebih seru nih ngodingnya. Untuk penggunaan Git ini sendiri bisa local maupun harus terkoneksi ke internet, tapi menurut gw sih ya perlu konek ke internet aja. Jadi sewaktu-waktu bisa clone dari mana aja, orang-orang jg bisa kontribusi jadinya. Hahhaa siapa tau bikin killer apps, ya kan.

Wanita itu terbuat dari gula, rempah-rempah dan hal indah lainnya

Ups, maksudnya lokal disini ya kalian config git cuma di lokal pc kalian aja. Gabisa diakses dari tempat lain, nah kalo yang konek internet tuh lebih ke arah penyedia jasa host git (gatau ini istilahnya bener apa kagak :D) macem GitHub, GitLab dan lain-lain. Gimana? udah kebayang lah ya. GitHub dan GitLab memberikan akses gratis bagi penggunanya, jadi kita bisa daftar tanpa takut kena tagihan nantinya (ya daftarnya jg mesti yang free lohh ya :p).

Git, push and commit

Langsung aja, buat yang belom punya akun (GitHub / GitLab) silahkan daftar dahulu. Santai aja, gampang kok daftarnya. Habis daftar jangan lupa kita buat repo baru, kasih nama repo -nya terserah kalian sob.

Create new repository

Selanjutnya kita siapkan juga direktori kerja kita, buat direktori Latihan Git, lalu masuk direktori tersebut.

    mkdir Latihan\ Git
    cd Latihan\ Git
    code .

Pada direktori ini kita coba buat file baru, simpan dan beri nama index.php (atau nama apa aja terserah kamuu :D). Selanjutnya, kita jalankan perintah dibawah. Perintah ini akan membuat direktori kerja kita dikenal sebagai local git repositori.

    git init

Lohh kok cuma segitu?? hehehe iya cukup ini aja si Git udah ngerti kok, gak kayak kamuu gak peka-peka :p. Perintah diatas akan mendaftarkan direktori kerja kita beserta file didalamnya kedalam repo local git kita. Lalu agar repo kita sync dengan yang udah kita buat di GitHub/GitLab tadi, kita jalankan perintah dibawah.

    git remote add origin https://github.com/user/repo.git